Open/Close Menu (Senyum, Efisien, Ramah, Aman, Mudah, Bermutu, Islami)

Jaga Kesehatan Di Bulan Suci Ramadhan


1. Berhenti Merokok
Berpuasa selama 12 jam mengharuskan kita untuk menahan hawa nafsu, dengan berpuasa mampu mengurangi ketergantungan terhadap rokok selama 12 jam perhari. 12 Jam perhari tidak merokok? kenapa tidak seterusnya. Ayo berhenti merokok untuk menjaga kesehatan di bulan suci ramadhan.

2. Berbuka dengan yang manis
Hipoglikemia adalah istilah untuk menggambarkan kondisi dimana kadar gula darah kurang dari normal. Risiko terjadinya hipoglikemia pada saat bulan puasa menjadi meningkat, baik itu pada penderita diabetes maupun bukan penderita diabetes.
Pada penderita diabetes, hipoglikemia seringkali terjadi pada sore hari menjelang berbuka, terutama pada penderita diabetes usia lanjut. Di sisi lain, mereka yang tidak memiliki diabetes juga dapat mengalami hipoglikemia saat menjalankan ibadah puasa. Ini biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya asupan karbohidrat ketika makan sahur, sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak insulin. Pada gilirannya, hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah menurun secara drastis.
Konsumsi makanan atau minuan manis saat berbuka diharapkan cepat menggantikan kadar gula yang menjadi rendah saat berpuasa karena makanan atau minuman manis memiliki kandungan gula yang tinggi

3. Meminum 8 Gelas Air Perhari
Saat puasa tubuh tetap membutuhkan air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi. Nah, bagi kita yang menjalankan puasa Ramadhan, ada cara yang cukup baik untuk dilakukan untuk menjaga asupan air tersebut, yaitu :

1 gelas setelah bangun sahur

1 gelas setelah sahur

1 gelas saat berbuka puasa

1 gelas setelah sholat maghrib

1 gelas setelah makan malam

1 gelas setelah sholat isya

1 gelas setelah sholat tarawih

1 gelas sebelum tidur

1 gelas setelah sholat isya

4. Melakukan Aktivitas Fisik Ringan 30Menit
Aktivitas Fisik seperti berolah raga secara teratur mampu meningkatkan stamina/daya tahan tubuh, rasa percaya diri, daya ingat, mengurangi stress, dan memperlancar peredaran darah

Copyright © 2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Langsa

Untuk Menghubungi IGD 24Jam        (0641) 22800