Open/Close Menu (Senyum, Efisien, Ramah, Aman, Mudah, Bermutu, Islami)

Selamat Hari Ginjal Sedunia guyss…

Kita semua pasti tau ya, kalau ginjal itu sangat penting buat tubuh. Fungsi utamanya menyaring dan membuang limbah, seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Urea yang terbentuk dalam tubuh diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Tanpa ginjal, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah. 
Lalu jika sampai rusak, wahh….. bisa Gawat!!!

Kebetulan, Unit Hemodialisa RSUD Langsa, Jumat (15/3/2019) memperingati Hari Ginjal Sedunia, dengan tema yang diusung selalu berbeda tiap tahunnya. 
Tema di tahun 2019 ini adalah :
”Kesehatan Ginjal Untuk Semua Dimana Saja (Kidney Health for Everyone Everywhere)”.

Yukk.. kita belajar lagi ttg Penyebab PENYAKIT GINJAL KRONIS (PGK) atau GAGAL GINJAL KRONIS (GGK), Yang ternyata bisa dipicu banyak penyebab loh.. 
Mulai dari: Obesitas, gaya hidup tak sehat, virus, juga bakteri… Dan PGK nggak cuma bisa diderita orang tua saja, anak-anak juga bisa!! Penyebabnya bisa karena cacat bawaan lahir, penyakit keturunan, atau pun infeksi.

Biar makin lengkap, cek TIPS MENJAGA GINJAL TETAP SEHAT nya yuk!

Tekanan air minum
Takaran minum sesuai usia, bisa berbeda-beda. Bayi yg masih menyusui cukup dg ASI/Susu Formula aja. Anak MPASI (Makanan Pendamping Asi) butuh 0.8L sehari dari makanan & susu atau 100mL/Kg berat badan. Anak 1-3 tahun butuh 1,3L sehari, masuk ke usia 3-8 thn menjadi 1,8L sehari. Umur 9 tahun ke atas sampai dewasa dianjurkan minum 2L-2,8L sehari atau setara dengan 8 gelas sehari. Sedangkan untuk Lansia > 60 Tahun dianjurkan untuk minum maksimal 2 L per hari atau sekitar 6 gelas-an sehari.

Hidup sehat selalu
Btw nih, orang yg obesitas tuh ternyata berisiko 83% menderita PGK, Iho! Hmm.. tinggi juga ya! Jadi, lebih baik kita menjaga berat badan dgn melakukan diet seimbang, mengurangi konsumsi garam, rajin berolahraga dan berhenti merokok.

Rutin cek kesehatan
Kenapa? Supaya bisa segera melakukan tindakan atau ternyata (amit-amit) kita menderita penyakit yg berkaitan dg fungsi ginjal (termasuk diabetes tipe 1 & 2 juga hipertensi). Selain itu, kalau ada keluarga kandung kita yg punya riwayat PGK, kita juga perlu waspada sama penyakit satu ini.

Mari jadikan Hari Ginjal Sedunia untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat dan peduli terhadap kesehatan ginjal kita yah, guyss…

#hariginjalsedunia
#wkd2019
#wordkidneyday
#indonesiasehat
#sehatiitupenting
#kesehatanginjal
#RSUDLangsa

Lihat album Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2019 Disini .

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright © 2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Langsa

Untuk Menghubungi IGD 24Jam        (0641) 22800